KEPUTUSAN

KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

NOMOR 008/H/KR/2022

 

TENTANG

CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,

JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH

PADA KURIKULUM MERDEKA

 

Tujuan mata pelajaran PJOK untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah sebagai berikut:

1)      Mengembangkan kesadaran arti penting aktivitas jasmani untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan individu, serta gaya hidup aktif sepanjang hayat.

2)      Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya meningkatkan dan memelihara kebugaran jasmani,kesejahteraan diri, serta pola perilaku hidup sehat.

3)      Mengembangkan pola gerak dasar (fundamental movement patterndan keterampilan gerak (motor skills) yang dilandasi denganpenerapan konsep, prinsip, strategi, dan taktik secara umum. 

4)      Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melaluiinternalisasi nilai-nilai kepercayaan diri, sportif, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, pengendalian diri, kepemimpinan, dademokratis dalam melakukan aktivitas jasmani.

5)      Menciptakan suasana rekreatif yang berisi keriangan, interaksisosial, tantangan, dan ekspresi diri.

6)      Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila yang beriman dabertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, kreatif, gotong royong,berkebinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri melalui aktivitas jasmani.

 

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan sebagai sebuah bidang kajian memiliki karakteristik:

a)      Melibatkan peserta didik dalam pengalaman langsung, riil, dan otentik untuk meningkatkan kreativitas, penalaran kritis, kolaborasi, dan keterampilan berkomunikasi, serta berfikir ke tingkat yang lebih tinggi melalui aktivitas jasmani.

b)      Di dalam proses pembelajarannya mempertimbangkan karakteristik peserta didik, tugas gerak (movement task), dan dukungan lingkungan yang berprinsip developmentally appropriate practices (DAP).

c)      Penyelenggaraan pendidikan jasmani, olahraga, dan Kesehatan membentuk individu yang terliterasi secara jasmani dan menerapkan dalam kehidupan sepanjang hayatnya.

d)      Penyelenggaraan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah didasari nilai-nilai luhur bangsa untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila.

e)      Mengandung elemen-elemen keterampilan gerak, pengetahuan gerak, pemanfaatan gerak, serta pengembangan karakter dan internalisasi nilai-nilai gerak. Adapun elemen-elemen tersebut dideskripsikan sebagaimana dalam tabel berikut.

Elemen-elemen mata pelajaran PJOK serta deskripsinya :

 

Elemen

Deskripsi

Keterampilan Gerak

Elemen ini berupa kekhasan pembelajaran PJOK yang merupakan proses pendidikan tentang dan melalui aktivitas jasmani, terdiri dari sub elemen:

a.     Aktivitas Pengembangan Pola Gerak Dasar (Fundamental Movement Pattern)

b.     Aktivitas Pengembangan Keterampilan Gerak (Motor Skills) berupa Aktivitas Pilihan :

-          Permainan dan Olahraga, Aktivitas Senam, Aktivitas Gerak Berirama, serta Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (kondisional)

Pengetahuan Gerak

Elemen ini berupa penerapan pengetahuan (konsep, prinsip, prosedur, taktik, dan strategi) sebagai landasan dalam melakukan keterampilan gerak, kinerja, dan budaya hidup aktif pada setiap sub elemen:

a.     Aktivitas Pengembangan Pola Gerak Dasar (Fundamental Movement Pattern)

b.     Aktivitas Pengembangan Keterampilan Gerak (Motor Skills) berupa Aktivitas Pilihan :

-          Permainan dan Olahraga, Aktivitas Senam, Aktivitas Gerak Berirama, serta Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (kondisional)

Pemanfaatan Gerak

Elemen ini berupa pemanfaatan gerak di dalam kehidupan sehari-hari yang terdiri dari sub elemen:

a.    Aktivitas Pemeliharaan dan Peningkatan Kebugaran Jasmani Terkait Kesehatan dan Keterampilan

b.    Pola Perilaku Hidup Sehat

Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai Gerak

Elemen ini berupa pengembangan karakter dan internalisasi nilai-nilai gerak secara gradual yang dirancang melalui berbagai aktivitas jasmani, terdiri dari sub elemen:

a.    Tanggung Jawab Personal dan Sosial

b.    Nilai-nilai Keriangan, Tantangan, Ekspresi Diri, dan Interaksi Sosial

 

Download Selengkapnya DISINI