KEPUTUSAN
KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN
PENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN
TEKNOLOGI
NOMOR 008/H/KR/2022
TENTANG
CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,
JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN
MENENGAH
PADA KURIKULUM MERDEKA
Tujuan
mata pelajaran PJOK untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah sebagai
berikut:
1)
Mengembangkan
kesadaran arti penting aktivitas jasmani untuk mencapai pertumbuhan dan
perkembangan individu, serta gaya hidup aktif sepanjang hayat.
2)
Mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya meningkatkan dan
memelihara kebugaran jasmani,kesejahteraan diri, serta pola perilaku hidup
sehat.
3)
Mengembangkan
pola gerak dasar (fundamental movement patterndan keterampilan gerak (motor
skills) yang dilandasi denganpenerapan konsep, prinsip, strategi, dan taktik
secara umum.
4)
Meletakkan
landasan karakter moral yang kuat melaluiinternalisasi nilai-nilai kepercayaan
diri, sportif, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, pengendalian diri,
kepemimpinan, dademokratis dalam melakukan aktivitas jasmani.
5)
Menciptakan
suasana rekreatif yang berisi keriangan, interaksisosial, tantangan, dan
ekspresi diri.
6)
Mengembangkan
Profil Pelajar Pancasila yang beriman dabertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,
kreatif, gotong royong,berkebinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri
melalui aktivitas jasmani.
Pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan sebagai sebuah bidang kajian memiliki
karakteristik:
a)
Melibatkan
peserta didik dalam pengalaman langsung, riil, dan otentik untuk meningkatkan
kreativitas, penalaran kritis, kolaborasi, dan keterampilan berkomunikasi,
serta berfikir ke tingkat yang lebih tinggi melalui aktivitas jasmani.
b)
Di dalam proses
pembelajarannya mempertimbangkan karakteristik peserta didik, tugas gerak
(movement task), dan dukungan lingkungan yang berprinsip developmentally
appropriate practices (DAP).
c)
Penyelenggaraan
pendidikan jasmani, olahraga, dan Kesehatan membentuk individu yang terliterasi
secara jasmani dan menerapkan dalam kehidupan sepanjang hayatnya.
d)
Penyelenggaraan
pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah didasari nilai-nilai
luhur bangsa untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila.
e)
Mengandung
elemen-elemen keterampilan gerak, pengetahuan gerak, pemanfaatan gerak, serta
pengembangan karakter dan internalisasi nilai-nilai gerak. Adapun elemen-elemen
tersebut dideskripsikan sebagaimana dalam tabel berikut.
Elemen-elemen mata pelajaran PJOK serta deskripsinya :
Elemen |
Deskripsi |
Keterampilan
Gerak |
Elemen ini berupa kekhasan
pembelajaran PJOK yang merupakan proses pendidikan tentang dan melalui
aktivitas jasmani, terdiri dari sub elemen: a.
Aktivitas
Pengembangan Pola Gerak Dasar (Fundamental Movement Pattern) b.
Aktivitas
Pengembangan Keterampilan Gerak (Motor Skills) berupa Aktivitas Pilihan : -
Permainan dan
Olahraga, Aktivitas Senam, Aktivitas Gerak Berirama, serta Aktivitas Permainan
dan Olahraga Air (kondisional) |
Pengetahuan
Gerak |
Elemen
ini berupa penerapan pengetahuan (konsep, prinsip, prosedur, taktik, dan
strategi) sebagai landasan dalam melakukan keterampilan gerak, kinerja, dan
budaya hidup aktif pada setiap sub elemen: a.
Aktivitas
Pengembangan Pola Gerak Dasar (Fundamental Movement Pattern) b.
Aktivitas
Pengembangan Keterampilan Gerak (Motor Skills) berupa Aktivitas Pilihan : -
Permainan dan
Olahraga, Aktivitas Senam, Aktivitas Gerak Berirama, serta Aktivitas Permainan
dan Olahraga Air (kondisional) |
Pemanfaatan
Gerak |
Elemen ini berupa
pemanfaatan gerak di dalam kehidupan sehari-hari yang terdiri dari sub elemen:
a.
Aktivitas
Pemeliharaan dan Peningkatan Kebugaran Jasmani Terkait Kesehatan dan Keterampilan b.
Pola Perilaku
Hidup Sehat |
Pengembangan
Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai Gerak |
Elemen ini berupa pengembangan
karakter dan internalisasi nilai-nilai gerak secara gradual yang dirancang
melalui berbagai aktivitas jasmani, terdiri dari sub elemen: a.
Tanggung Jawab
Personal dan Sosial b.
Nilai-nilai
Keriangan, Tantangan, Ekspresi Diri, dan Interaksi Sosial |
Download Selengkapnya DISINI
0 Comments